Mencari Prinsip Hidup yang Tepat

Gambar nyomot dari Google
Sebelum nanya pada diri sendiri punya prinsip atau kagak.
Mari kita bertanya pada diri tentang yang dimaksud prinsip itu apa.
Kalo menurut KBBI Online:
prinsip/prin·sip/ n asas (kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya); dasar;
-- deskripsi asas perbedaan;
-- konvensi asas persesuaian;
berprinsip/ber·prin·sip/ v mempunyai (menganut) prinsip

Jujur sampe sekarang gue bingung, kalo ada temen yang bahas tentang prinsipnya.
Berasa jadi ngga klop, sebab selama ini gue rasa gue gak punya prinsip. hehehe punyanya mah cuma Motto suweeerr tekewer kewer  deh.
Itu pun motto gua, juga boleh nyomot pas kelas 3 SMP dari Bimbel Nurul Fikri saat pelajaran BIP (Bimbingan Informasi Pendidikan, kalo menurut gua mah kayak pelajaran BK di sekolah).
yaitu "Sucikan Niatmu, Maksimalkan Potensimu, Torehkan Namamu" sampe sekarang motto gua yaitu dan mentok di kata sucikan niat (pokok e Lillahi Ta'ala). duhduh kasian ya gue,,
soalnya gua ngerasa eh bukan ngerasa ding, emang kenyataannya belom sampe ke maksimalkan potensi apa lagi sampe menorehkan nama (//.\\) ya Rabb kapan yaaa--? bisa sampe ditahap itu.

Balik lagi bahas ke prinsip. Gue coba mencari beberapa pencerahan tentang prinsip itu uopooo?.
Ya! jawaban tiap orang hampir sama pokoknya tentang pedoman menjalani kehidupan gitulah.
Dan ternyata motto sama prinsip itu hampir sama. cuma beda penyebutan aja. Kalo motto biasanya buat organisasi/komunitas, sedangkan prinsip untuk pribadi. #gubraaaak
Tapi gua heran, kenapa kakak-kakak kelas itu kalo nyuruh buat biodata pas masa orientasi siswa atau mahasiswa baru nulisnya pasti motto yak? bukan prinsip yakan? *gigit lengkoas*

Kadang pemakanjalaners suka bingung kan kalo disuruh nyebutin prinsipnya apa? *maksa banget nanyanya* Iyaitu, karna prinsip itu hanya tampak saat dihadapkan dengan ujian, permasalahan, persimpangan, atau pilihan atau entah apapun itu. Jelasnya yang pasti, prinsip mengandung sebab akibat.
Ketika persoalan datang..... Yap! prinsip pun hadir sebagai panduan atau acuan untuk bertindak agar mencapai target/tujuan tertentu  daaaaaan... dijadikan senjata atas nama "alasan". Sadis ya gue kalo ngomong. heu heu~ udah gitu sotoy pulak *jedotin pala ketembok*
Oke, kita permanis aja ya pemakanjalaners. kalo prinsip lebih ke konsep hidup/gambaran ide kedepannya biar gue gak ditabokin orang-orang yang berprinsip garis keras.

Penting gak sih punya prinsip?
Penting ternyata sodara-sodara!!! Biar hidup kita lebih bermutu.
Kalo gak punya prinsip hidup, kita akan terbawa arus dan gak terarah. *tapi yang gua liat, yang punya prinsip juga pada kebawa arus.hehehe :v kalo kamu make prinsip dibawah ini apa kamu gak kebawa arus musiman?? misal musim  prinsip: be your self gituuu atau makan gak makan asal kumpul? *cubit ade sampe nangis* mangan tok ae
Ini contoh dari beberapa prinsip. Baca:  Demi Hidup yang Lebih Ada Artinya, Inilah 10 Prinsip Sederhana yang Layak Kamu Terapkan Segera!

Memiliki sebuah prinsip hidup itu perlu untuk membimbing/memandu pemiliknya disaat keadaan sulit agar lebih mudah menentukan pilihan. Misalnya, jika pemakanjalaners dapat dua undangan pada saat yang sama (kan galau tuh) trus bertanya kepada dirinya sendiri: Di manakah aku akan lebih senang? Secara ekonomis, prinsip hidup tadi telah menunjukkan pilihan dalam situasi yang sulit\bimbang dan itu adalah efisiensi.
Enak bukan? orang berprinsip jadi lebih mudah memutuskanPunya pendirian dalam hidupnya, dan orang yang memiliki prinsip akan memiliki ketegasan dalam hidupnya.

Prinsip itu masalah psikologi dan terkait pula dengan ekonomi. Misal ada yang mengambil prinsip hidupnya berdasarkan kesenangan seperti contoh diatas tadi, atau prinsip hidupnya berkaitan dengan kekuasaan\kekuatan, atau kebebasan dan tanggung jawab, atau gabungannya, atau yang lain... dan mungkin justru nilai-nilai keagamaan yang pemakanjalaners anut??  atau prinsip hidup itu berubah ubah, maksudnya akan menjadi lebih mantap jika sesuai dengan tahapan pencapaian kebutuhan hidup?? atau malah berdasarkan dari pengalaman.

Pemakanjalaners masih mencari prinsip hidup yang tepat?
Pastikan kalian mencari tahu dulu, hidup pemakanjalaners itu untuk apa dan mau dibawa kemana~ *gausah dilanjutin jadi nyanyi lagu armada yak.hehe
Sebab Arah dan tujuan hidup bisa ditentukan bila seseorang memiliki prinsip.
Balik lagi ya jadinya muter*ngelooping terus.hahahah

Semoga pendapat saya ini bisa membantu~
Dari sekian banyak model prinsip hidup yang mencari kesenangan atau kebebasan atau yang lainnya, Seperti yang disebutkan diatas tadi.
Saya lebih sreg, kalo pemakanjalaners menghadapi kesulitan ya pedomannya sesuai dengan Agama yang dianut, jangan apa-apa maunya ngikutin kata hati atau ngikutin keinginan\nafsu saja.
Hati itu sifatnya bolak-balik, sedangkan prinsip butuh ketegasan agar tidak goyah.
Pastikan alasan yang pemakanjalaners guanakan adalah alasan-alasan yang syar'i bukan mengada-ngada.

Pokoknya apa pun prinsip yang kamu pakai, semoga prinsip itu menjadikan hidup pemakanjalaners semakin positif bagi diri sendiri dan orang di sekitarnya.
Mohon maaf atas kesalahan keamburadulan dalam penulisan. Kritik dan saran silahkan utarakan lewat komentar:)

#pusingpalasayabacatulisanini


WarmRegards,

Ai

Share:

0 comments