Desain Duit Baru?

Hallo Pemakanjalaners :D

Udah pada megang duit baru?
Hah.. Belom?
Sama dong kita :v tos dulu lah...
Lebaran masih lama yee~
Oh udah?
Ciyee, selamat! anda kekinian sekali :D


Bank Indonesia, Belum lama ini (19/12) meluncurkan 2 jenis uang baru baik kertas maupun logam: mulai dari seratus perak ampe seratus rebuan. 

Kalau mau tau profil tokoh bisa cek di toko sebelah, baca : Ini Dia Profil Para Pahlawan di Uang Rupiah Baru

Nah ini dia design nya :
Sumber Gambar : Malesbanget.com
Dengan desain yang baru ini, katanya lebih sulit di palsukan apalagi di gandakan. hahaha :D
Kalo mau gandain uang, gausah jauh-jauh ke orang gakjelas. Cukup Gini aja : Banyak-banyakin Shodaqoh, banyak banyakin istigfar, dan banyak banyakin syukur dan bersabar

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَاء مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنفَقْتُم مِّن شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
“Dan apa-apa yang kalian infaqkan dari sebagian harta kalian, maka Allah akan menggantinya.”  (Q.S Saba: 39)

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (١٠) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (١١) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (١٢)
maka aku berkata kepada mereka, 'Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh Dia Maha Pengampun(10) Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu (11) dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu (12) (Q.S Nuh 10-12)

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Q.S Ibrahim : 7)


******OKE KEMBALI KE DESAIN UANG BARU!

Banyak yang bilang mirip dengan mata uang asing.
Gue gak mau ikutan komentarlah~
Liat aje belooom, megang apalagi cuy.
Kalopun iya, mungkin emang di dunia lagi musim model begitu kali yaaa...

Yang jadi penasaran siapa ya maestro dibalik desain uang baru ini?
Ada yang bisa bantu jawab?
*blog yang aneh* orang mah baca blog biar nambah pengetahuan, lah ini malah balik nanya
Saya suka dengan desainnya minimalis *sotoy banget da-ah gue kalo ngomong, sok anak desain amat -.-*, lagi musim kayaknya yaa~ bukan rumah aja yang ada desainnya minimalis. Terlihat kece desainnya.
Secara keseluruhan saya suka dengan uang baru itu!. yaiyalah siapa coba yang gak suka duit hahaha :v
BTW, saya saluuuuut sama para delinavit (sebutan untuk para perancang uang kertas). Kwereeen ya namanya, profesi langka pula. Mungkin saya kalo masih duduk dibangku SD, kalo ada yang nanya besarnya mau jadi apa, saya jawab "Delinavit" biar anti mainstream.


Kemudian.......
Mungkin kalo saya yang desain, ide saya seperti ini:
untuk uang kertas : 
* warna-warna yang saya pake saling tabrak warna. gak gradasi gitu~ sakit mata, sakit mata dah~ 
opsi lainnya, 
* warna-warna yang saya pake. warna-warna pastel. biar keliatan shabby chic gitulah~ 
opsi lainnya,
* warna-warna yang saya pake sisi satu dengan sisi satunya lagi akan berbeda. Misal sisi satunya merah, sisi satunya lagi biru. depan belakang beda! biar gak bosen kalo ngeliat duit di dompet yang tinggal selembar :D
opsi lainnya,
* Untuk gambar, saya ingin pake makanan khas yang identik dengan Indonesia banget. Biar ngeliat uang aja udah kenyang.
Untuk uang logam :
* desain gak hanya bulet, tapi ada yang segi 6/8  bisa juga trapesium maupun jajaran genjang. biar kalo lagi sekolah gak bawa penggaris atau jangkar atau lainnya bisa dimanfaatkan #eeh sekalian pengenalan bentuk yang nyata ke anak-sekolahan.

Bagaimana? brilliant sekali bukan ide saya :D *lempar pake tomat*
Oke, itu tadi cuma bayangan saya saja pemakanjalaners :) jangan diambil serius cuy.
Ngedesain uang gak semudah ngedesain poster ataupun ngedesain kartu undangan pernikahan.
Atau kamu punya ide desain lainnya????


Sekian, tulisan saya yang masih belajar nulis ini.
Mohon kritik dan saran bisa melalui komentar dibawah :)



Share:

0 comments