Rangkuman Versi Ade : TFT LPQ ODOJ

Assalamualaikum wr.wb ODOjers :)
Hi juga Pemakanjalaners!
Semoga dalam keadaan baik, bahagia dan luar biasa semua.

Jum'at lalu (23/12) gue ngikutin TFT (Training for Teacher) yang diadain oleh LPQ (Lembaga Pengajaran Qur'an) One Day One Juz (ODOJ). Dimana di adainnya di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur.

Nah, sebelum gue cerita kemana-mana panjang lebar ntar lu ujung-ujungnya nggak ngerti. Mari gue kenalin dulu apa itu LPQ-ODOJ.

LPQ-ODOJ adalah Lembaga  PengajaranAl Qur'an yang menjadi program dari Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Singkatnya, lembaga ini untuk memfasilitasi ODOJers dalam meningkatkan kualitas bacaan Qur'an. Manteb jiwah gak tuh? 
Jadi bukan kuantitas aja ya One Day One Juz, tapi kualitasnya juga. asek asek josss!

Karna menurut survey mereka, gak usah gua catet detail yak.
Intinya, dapat dipahami bahwa jumlah penduduk Indonesia yang beragama Islam masih sangat besar yang belum mampu membaca Al Qur'an. Wah, gak salah juga lah ini survey.. Karena memang pernah saya menemukan santri yang sudah terlalu dewasa yang masih belum bisa membaca Al Quran, bahkan belumbisa membedakan huruf hijaiyah satu dengan lainnya. Tapi saya sangat salut dengan beliau, apalagi jika mendengarkan alasannya kenapa pengen banget belajar Al Qur'an. Hei kamu, yang suka baca-baca si pemakan jalan semoga lebih suka baca Al Qur'an yak!

Gausah jauh-jauh ngomongin orang deh!
Ini nih, liat guaaaaaaaa...
Dulu pas jaman gua kuliah ada mata kuliah Agama Islam, disuruh bawa Al Qur'an dan disuruh ngaji setiap anak. Tanya dah noh ke temen sekelas gua, gua bacaannya kayak apa. MASIH BELEPOTAN :'D
Sayangnya.... cuma ada 1 semester untuk pendidikan Agama Islam. Seminggu mana ketemu cuma satu kali, udah gitu sisanya dipake buat masing-masing anak presentasi makalah yang dapet dari copypaste di internet #eeh. Mau nambah ilmu diluar, kebanyakan mentoring. Mana kalo mentoring, yang mentor kakak kelas doang mah, bhaaay~ menurut gua.
Maaf-maaf aja nih yak, gue itu tipe mahasiswi yang gak nerima mentah-mentah. Kalo bukan ahlinya yang ngomong (misal: Assatidz) gue anggap itu omong kosong, soalnya kalo ditanya balik gak masyuuuk/gak pas aja gitu jawabannya menurut gua. gua rada sombong sih emang kedengerannya.
MOHON MAAAAFFF, kakak-kakak kalo ada yang kebetulan baca ini :'D BTW kenapa gue jadi bahas ini yaaak??!!!

Nah, mungkin ini bisa kita disambung-sambungin dengan materi yang gue dapet pas TFT beberapa hari lalu, yaitu tentang: SANAD!

Sanad adalah sandaran yang dapat dipercaya atau kaki bukti (menurut bahasa). Sedangkan menurut istilah sanad adalah yang menghubungkan matan atau teks hadist kepada Nabi Muhammad saw. Artinya,sanad adalah rangkaian rawi yang mengantarkan matan hingga kepada Nabi Muhammad saw.
Ribet ya??
Istilah gampangnya, kalo pake bahasa gue. Sanad itu kayak downline, macam mlm aja de. Ya begitulah, pokonya kalo kita tarik ke atas itu. misal gue - guru gue - gurunya guru gue - gurunya dari gurunya guru gue - mulai bingung, dst...... - sampai pada dari baginda nabi Muhammad SAW  - Malaikat Jibril - Allah SWT 

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa menguraikan Al Qur’an dengan akal pikirannya sendiri dan merasa benar, maka sesungguhnya dia telah berbuat kesalahan”. (HR. Ahmad)

Singkatnya SANAD adalah mata rantai emas yang kuat atau silsilah. phyuuh~ ngelap keringet
Ada beberapa sanad seperti: 
1. Sanad Al Qur'an
2. Sanad Hadits
3. Sanad Ilmu Lain-lain
4. Sanad Ilmu Tadjwid

Nah, ini mungkin dulu yang gue maksud, tapi dulu gue kan masih jahiliyah ya jadi nggak paham bahasa/sebutan begini-begitu. Sekarang gue gak mau kena tulah gue sendiri hwkkkk, yang dimana gak mau kalo diajarin sama kakak-kakak yang baru belajar kemaren sore gak jelas sanadnya siapa (mungkin dari blog doang atau buku tanpa guru), kecuali kalo kakak-kakanya lulusan pesantren atau saat ketemu dalam keseharian akhlaknya qurani sih gua oke oke saja.
Gue jadi ngiler pengen punya sanad. Biar omongan gue itu kuat! gak diabaikan orang, seperti gue yang pernah memandang sebelah mata orang #tepokjidat #sungkem

Bahwa apa yang gue sampaikan bisa diterima oleh masyarakat karena sanad gue jelas gitu.
Tapi yang perlu kalian ketahui untuk mendapatkan sanad itu gak gampang cuy! gak segampang ngorek upil trus dapet ._.

Harus memenuhi syarat sebagai berikut, versi LPQ:
Untuk mendapatkan sanad tadjwid : 
- Harus hafal kitab (matan)
- Menguasai isinya
- mampu menerapkan dalam bacaan
- lancar baca Al Qur'an
pokoknya menguasai teori & praktek
Untuk mendapatkan sanad Al Qur'an:
- Hafal 30 Juz dengan mateng
- Hafal Jazari
- Bacaan harus 100% benar
- Memiliki kemampuan bacaan Al Qur'an
** mohon maaf apabila ada kekeliruan dari apa yang saya tuliskan diatas, sebab saya juga gak bisa baca jelas layar slidenya duduk dibelakang sih. udah gitu, saya juga sulit baca ulang catetan saya yang kayak ceker ayam ini. hadeeeeh ehehe -_____-

Untuk saat ini, saya lagi pengen mengejar sanad tadjwid. Sebenernya juga, pengen punya sanad Al Qur'an tapi saya masih pesimis, ngafalin juz 30 aja udah angop-angopan :')))
Adapun keutamaan memiliki sanad tadjwid:
1. Mengikuti perintah Allah
2. Menjaga kemurnian Al Qur'an
3. Menenangkan hati, dan pikiran jika mau mengajarkan ke orang lain.
4. Menambah semangat para murid
5. Menambah keberkahan & manfaat ilmu

Selesai dari training ini, ternyata ada tes tertulis tentang tadjwid dan tes tilawah.
Jika, menurut mereka kita masih kurang kita akan diarahkan untuk belajar tahsin lebih lagi biar perfect, namun jika menurut mereka sudah cukup, maka kita akan diarahkan lagi untuk belajar demi meraih sanad dan membantu para ODOJer dalam mentartilkan bacaan. Syedaaaap~

semoga dan semoga...
akhir kata, Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarrokatuh
Bhaaay pemakanjalaners~






Share:

0 comments