Pemasangan Behel : Harga, Proses, Hasil selama 9 Bulan.

Assalamu'allaykum, pemakanjalaners...
Kali ini aku mau nyeritain tentang pengalaman pemasangan kawat gigi / behel / braces. whatever name called di Audy Dental Clinic Cipete.

Kenapa Cipete? karena dari rumah lebih mudah untuk akses kesana daripada ke cabang lainnya.

Okay, awal pengen pasang behel itu di Akhir 2017.
karena muncul sebuah klinik gigi yang instagramable dan pricelistnya sangat terbuka untuk umum.
jadi, aku udah kebayang gtu~ kalo mau perawatan A kira-kira abis berapa gtu..
selama ini yang kita (lo aja kali,de!) khawatirkan sebenernya bukan takut dokter gigi cuy~ lebih takut harga ke Dokter Gigi #eh. yaa nggak? ngaku aja lu..

Akhirnya ogut samperin lah yak, itu klinik gigi.
Gue coba cek kondisi gigi.
Ternyata ada beberapa calon bolong. dan ku tambal saat itu juga.
Enaknya, klinik tersebut kalo mau melakukan tindakan, pasti konfirm ke kita tentang harganya.
Jadi buat yang punya dana pas-pasan dan pengen tetep guaya.. 
Cocok bangetlah klinik tersebut. dan kusuka!
Kan konsul gratis tuh ya..
Gue sekalian konsul deh, gimana dengan kondisi gigi yang seperti ini untuk dipasang behel.

Hey, fitrah manusia emang kalo nyari yang murah meriah.
Disini, pasang behel cuma 5 juta coy! murce kan.
Tapi bukan nggak cocok sama dompet gue nih.
Nggak cocok sama kebutuhan gue.

as you know..
bisa lihat gallery di IG gue :



Gue niat pasang behel bukan nyari gaya dan cakep sih.
Nggak pake behel juga gue udah cakep dari doloooo #eeh ditimpuk netijen pake bata sejak dari diciptakanNya.
Gue pake behel selain estetika, juga mau menyelaraskan struktur gigi. Biar kalo ngaji, makhraj nya bisa bener.. yakalidee..

Jadi dulu gue itu pas kuliah, pernah sakit gigi parah!
Sampe idung gue ikutan bengkak, saking sakit giginya...
Akhirnya tuh biang kerok dicabutlah..
Nggak nanggung-nangung coy.. 1 geraham atas kanan, 1 geraham atas kiri, 1 geraham bawah kanan, 1 geraham bawah kiri.
Langsung semuanya dicabut tuh?
yhaaa enggak lah bhambaaaank...
sebelah sebelah dulu.. udah sehatan, baru sebelahnya lagi.. biar bisa tetep makan enyaaak.
HASILNYA??
Gigi gue jelas ompoong :D hwkkk
itu cabut gigi aje sisa akar kalii (operasi kecil sebutannya) misal 1 gigi kurang lebih 750rb (jaman baheula) kali 4 dah tuh berapa.
Belum lagi nanti pasang gigi palsunya..
Nahini nih... kesalahan gue abis ompong nggak pasang gigi palsu.
Kegedean gengsi emang.. 
Alhasil ya itulah... struktur gigi jadi miris :')
Padahal kalo mau hemat, kalo cuma bikin gigi palsu lepas pasang mah, ke tukang gigi gapapa toh?

Ooke lanjut yaa!

Jadi, harga nggak menjadi patokan gue untuk menentukan lokasi perawatan dan pemasangan kawat gigi. Untuk kesehatan gue jarang itung-itungan coy, malah harus melalui seleksi ketat, lebih ketat dari audisi pencarian bakat.

Jadi, Klinik Gigi yang instagramable tadi itu nggak sesuai sama kebutuhan gue..
Harga 5 Juta (belum sama rontgent gigi itu) ditangani bukan dengan Dokter Spesialis Ortho dan goalsnya beresin gingsul gue (lah, pan tujuan gue bukan gingsulnya).
Nah, gue request Dokter Spesialis mereka (alhasil gue harus balik lagi nanti toh, karena belum rontent gigi yang full se- batok kepala)
Harganya jelas bedalah yaaa...
Gue balik dan ketemu dokternya, nggak sreg aja gtu gue ama penjelasannya.
Udah gitu yaudahlah, gajadi pasang :V hwkkkkk

Sayang seribu sayang... ngeliat hasil rontgent yang daripada jadi sampah nantinya (karena ada masa berlakunya yaa. rontgent itu)
The Power Of Social Media, Again!! Broo
Gue nemuin klinik gigi yang nggak kaleng-kaleng.
ya sebut aja namanya Audy Dental Clinic.

Emang masalah price nggak detail banget, tapi masalah siapa Dokternya terbuka jelassss asal usulnya.... Gue coba DM IG aja, kalo masalah harga mah wajar. kek mbak-mbak yang suka tanya-tanya doang tapi beli kagak.. hehe:D
Timbang DM IG nanya siapa Dokter nya, asal usulnya... ribet amat.
Kemudian setelah dihitung-hitung budgetnya masuklah..

Ini dia, Dokter tambatan hati gue..
Awal ketemu Dokter Anggi, setelah gue jelasin maksud dan tujuan gue.. dia cek kondisi gigi gue dan hasil rontgent gue dan menanggapi kek Se-Frekuensi ama gue gtu..
dengan menjelaskan step by step dengan cara orang awal kek gue tuh paham..
Jadi, diawal kita udah nentuin goalsnya apa, trus dia ngasih tahapan-tahapannya gimana.
Pertama kali pasang itu gue di Maret 2019, yang mana gingsul gue diberesin terlebih dahulu.. Nggak lama, pas bulan puasa/pas gue nikahan Juli, gingsul gue udah rapih tuh yekaaan... setelah itu baru ngeberesin geraham gue..
jadi nih geraham sedang diusahakan untuk dirapatkan barisan. 
geraham gue udah nggak jelas bentukannya ada yang tidurlah, bahkan ada yang masih ngumpet dibalik gusi, alhasil gue sempet operasi buat buka gusi dengan Dokter khusus yg menangani tapi tetep di klinik yang sama.
Operasi gusi itu, gusi kek diapain yaa, dibakar gtu... soalnya bau daging gosong rasanya 🤣🤣 dibiusnya sakiiiiit coooy. 




Awal pemasangan behel emang nggak nyaman. masih malu malu pake karet warnanya bening, dikasih tau kalo makan gule langsung karetnya berubah kuning, awal awal mah nurut nggak makan macem macem, rajin bersihin. perhatian (kek org baru pdkt) ngejaga jenis makanan.. yg gue kira bakalan bisa jadi kurus, ternyata enggak ngefek. hahahha
dan kesini-sini udah males..

Gue di Audy ambil paket yang, comfort mini usa (diamond) sekitar 10jtan
itu semua bebas.. sengaja ambil yang mini biar nggak keliatan bgt 😅 karena mau ambil yg bening itu lebih mahal... hmm

Pemasangan di Maret 2019, baru 4 bulan.. gingsul udah rapih.. kemudian, disarankan untuk operasi gusinya, biar prosesnya makin cepet. baiqlah~ operasi gusi itu, dikenakan biaya 1Jt. 
Saat ini Februari 2020, lagi proses untuk perbaikan geraham.. doakan yaa semoga berhasil. 

saran dari aku..
misal temen-temen, pengen pasang behel nih..
banyak yang perlu dipersiapkan, seperti :
- Dana
- Referensi 
Jangan pasang behel di tukang gigi yaa.. meskipun temen temen cuma buat fashion.
soalnya ngaruh, ada yg pakai behel dari tukang gigi.. nggak kelar kelar, bahkan ada yg malah berubah jadi lebih parah.. 
eman-eman toh..


SYEK MASIH DALAM TAHAP EDIT
TAPI KEJAR DEADLINE UPLOAD

Share:

0 comments