Ade Sakit Apa?

Hallo pemakanjalaners :D

Lama tak bercerita via blogg yah. Kalian pasti kangen yakan!? ngaku ajadeh.. *apabanget sih lu de*
Sudah lama gak nulis tetang perjalanan dan makanan. Sebenernya bukan karna saya udah gak makan lagi (tewas dong gue). Cuma emang saya males ngetiknya hehe, ada beberapa draft yang sudah lama nangkring tapi belum saya publikasikan, bukan karna apa-apa ya~
Ya karna cuma baru photo doang dan tulisan yang seuprit. hwkk (//.\\)
Namun, pada kesempatan kali ini saya gak mau menunda untuk berbagi, perihal sakit yang saya rasakan~ yah, moga-moga bisa bermanfaat untuk para pemakanjalaners :D



Sekitar awal tahun 2016, saya mulai merasakan sakit perut yang hebat. Tidak asing bagi saya karna memang memiliki riwayat sakit maag sejak SMP. Namun lama sudah tidak pernah sakit maag kembali hingga saat ini rasanya. Dari awal tahun sampai bulan Agustus 2016 bisa dihitung saya sakit perut 4 kali.

1. Sakit perut, saya tangani sendiri dengan meminum obat maagh (SANMAG, yhaaaaa ngiklan).

2. Sakit perut kembali namun semakin hebat sampai kalo jalanpun merengkuk nahan sakit di perut. Saya larikan (yakali lari de?) ke puskesmas cinere, sebelah kantor pos cinere yang sebelahnya lagi ada polsek cinere (bukan endorse ye) dan saya di diagnosa sakit maag. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi yang pedas, berminyak, bersantan daaaaaan jangan banyak pikiraaaan. deg! ini dokter apa dukun ya, ngerti aja gue banyak pikiran. hahaha

3. Sakit perut kembali terjadi, dan sama hebatnya sampe susah jalan ditambah bonus pegel-pegel. Karena ngerasa pegel pegel gitu, jadi saya bawa ngurut, kata Bude yang ngurut perutnya kembung sekaliii~ eh diurut deh perut gue, atas ijin gue juga sih heu~ heu~
setelah agak mendingan saya larikan kembali (lari mulu de, gak capek?) ke klinik Medika yang lokasinya di daerah perempatan Gandul sebelah Toko Ahad (BTW, Toko Ahad ini mengingatkan saya pada Toko Sakinah yang fenomenal bagi saya. Gatau ya pemakanjalaners? yaudah sih gpp. hehe) kemudian saya ceritakan deh, kalo saya abis diurut perutnya. Abis gitu saya dibilangin Dokternya, bahwa jangan mengurut area bagian perut, takutnya ada infeksi lambung. Kemudian saya diberikan obat antibiotik. Pada tahap ini saya sudah mulai lelah merasakan sakit, kamu tahu kan? sakit itu gaenak.. aktivitas pun jadi tergangu.

4. Nah, pas sakit yang ke-4 kalinya sama sih kayak pas sakit yang ke-3 namun ditambah muntah. Jadi pada saat saya merasa di dalam lambung saya mulai gak enak saya buru-buru konsumsi obat maag dan setelah itu saya makan (namun keluar lewat muntah) saya sadar dong, perut saya saat itu sedang kosong, dan namanya sakit maag itu di dalam benak saya gak boleh kosong kasian cacingnya ngamuk ngamuk. Saya coba makan lagi obat maag dan makan (eeh, keluar kembali) ngajak ribut banget sih ini... saya coba lagi dengan cara yang sama, namun ya keluar kembali. Badan mulai semakin drop. Alhamdulillah, setelah minum obat dari resep mba ipar saya, saat saya makan tidak keluar kembali. Atas dasar inisiatif dan ketidaknyamanan sakit yang berkambuh kambuh ini dan atas dasar orang nakut nakutin gue, yang bilang: jangan-jangan sudah akut atau jangan-jangan usus buntu. Saya bawalah kegundahan saya sekitar ba'da maghrib ke UGD RS Prikasih (Lokasi dekat Ps. Pondok Labu) saya keluhkan apa yang saya alami selama ini kecuali perihal perasaan ya!, Pada saat itu saya minta di USG, saya penasaran dengan isi perut saya ini. Kemudian di jadwalkan sekitar 2hari kemudian untuk USG atas bawah lengkap (Lambung, Pankreas, Ginjal, Uterus, dll). Berhubung masih 2hari lagi USGnya saya mending balik kerumah dari pada nginep. Namun jika saya masih muntah lagi pada tengah malam, saya disuruh kembali ke RS. 

*** PAS USG ***
Janjinya sih jam 4 sore, namun akhirnya saya baru bisa di USG menjelang maghrib. (ok, mari kita maklumi) dikatakan oleh dokternya saat USG, wah mens nya gak lancar ya? saya jawab lancar-lancar dok, dan pada saat ini saya memang sedang haid.
*saya gak tau, definisi lancar atau tidak lancar menurut kedokteran, karna perasaan saya saya lancar-lancar saja. Setiap bulan saya selalu mendapatkan menstruasi dengan siklus 28hari. dan untuk lamanya menurut saya normal, 4-7 hari.*

Kemudian hasil bisa saya dapatkan sekitar jam setengah delapan malam atau boleh diambil keesokan harinya. Yah, saya tungguin aja, berhubung males bolak balik. Kok ade malesan yaa? hmm oke ade ganti kalimatnya jadi : berhubung lebih efisien menunggu daripada bolak balik :)

Untuk pembacaan hasilnya saya diminta kembali kepada dokter yang merujuk saya USG. Sambil menuju ke ruangan UGD untuk dibacakan (secara saya juga bisa baca, kan udah diajarin dari TK hehe.) saya coba baca, disana alhamdulillah banyak tulisan normal. Namun dibawah ada kesan dari sang dokter, ia menuliskan:

Kesan : Ovarial cyst dextra (endometrial cyst)
              Organ2 abdomen lain normal.

itu di bold lhoo..
yah.. daripada saya praduga tak bersalah, hingga saya sampai pada ruangan UGD dan minta tolong untuk dibacakan Dokternya langsung, biar lebih afdol yakan. 
Dan dokter yang jaga pada saat itu bilang kalau saya ada kista di ovarium dan disarankan untuk penanganannya ke dokter spesialis kandungan.

Kalo ditanya perasaannya seperti apa, saya pada saat itu. Saya merasa biasa saja namun mata mulai berkaca-kaca hehe. Saya pun berkata, ohmm pantes pas USG dokternya bilang mens nya tidak lancar ya.

Setelah itu, saya pulang dan mulai berselancar di google. Memang penyakit ini bukan saya seorang yang akan mengalaminya, namun penyakit ini tuh bukan penyakit biasa kayak penyakit batuk pilek :) 

Dikasih cobaan sebesar ini yaa, saya rasa saya gak pantes dan gak baik kalo menanyakan ke Tuhan, kenapa saya yang kena gitu. Nanti kalo malah dibalik jawab  Yaaa kenapa enggak elo coba de, ngaca dong ngaca De!.
Seperti kita diberikan tugas pada atasan kita, apa kita berani bilang kenapa saya pak? kenapa gak dia aja pak? tugas saya masih banyak pak.
Yaa,, lebih baik saya introspeksi diri ya kan...

Saya sadar, dosa saya sudah numpuk puk puk segambreng.. kalo dikiloin (yakali dikira barang loak) mungkin saya udah jadi orang ter-orkay kali yak. bhuahahaha *ketawa orang congkak*
Saya pasrah, saya ikhlas.. jika cobaan ini sebagai penghapus dosa saya, saya ikhlas menjalani.
Sabarin ajadah~
Nikmatin ajadah~
biar kayak ada manis manisnya gitu hidup :')

Aduh, mohon maaf pemakanjalaners. blog ini jadi makin random yaa.. hehe
jikalau masih penasaran kelanjutannya seperti apa silahkan klik link berikut : Operasi Laparascopy


Share:

0 comments