Mengenal Kista

Halo pemakanjalaners :D yang masih setia mantengin blogg yang amburadul ini.

Yah, sudah bercerita banyak buaaangets tentang pengalaman saya pengalaman uopooo haha, sekarang kita lanjut memahami tentang si penyakitnya itu yuk.. biar kamu kamu lebih mengerti akyu... pake y  cahilaaaah~ jijik gue de, bacanya..


KISTA? males banget asli sebenernya ngomongin ini
Bagi kaum perempuan sebagian pasti pernah dengar nama kista. Yap! kista itu adalah penyakit gangguan hormonal yang bisa di derita kaum perempuan baik yang sudah menikah maupun mereka yang masih lajang, bahkan yang lebih mengejutkan adalah kalangan anak-anak remaja.

Ketika seseorang mendapat “vonis” mempunyai kista, umumnya reaksi pertama yang muncul adalah panik, bingung dan takut layaknya mendapat “vonis” menderita kanker.  Padahal kista itu tidak sama dengan kanker. Kista itu adalah tumor (benjolan) yang berisi cairan. Tumor pun ada yang jinak dan ada yang ganas. Kabar baiknya sebagian besar kista di indung telur tersebut sifatnya jinak.

Pada masa haid sebenarnya dalam diri setiap wanita ada benjolan berisi cairan yang isinya sel telur. Benjolan ini namanya folikel, dan bentuknya seperti kista, dengan ukuran sekitar 2-3 cm. Kista semacam ini disebut kista fungsional, dan sifatnya normal. Ketika saatnya ovulasi dan pecah, sel telur dalam folikel ini akan dikeluarkan, dan folikel akan menjadi organ yang bernama corpus luteum. Organ ini menghasilkan hormone progesterone yang berguna dalam masa kehamilan. Kadangkala corpus luteum ini berlebihan jumlahnya, menyimpan cairan, lalu terjadilah semacam kista. 


Kista pun terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah : 

  1. Kista Fungsional yaitu kista folikuler adalah benjolan yang berisi cairanyang isinya sel telur yang akan pecah dan mengempis saat terjadi ovulasi.
  2. Kista korpus luteum yaitu Organ yang mampu menjaga kehamilan, namun kadang berlebihan jumlahnya.
  3. Kista theca lutein adalah benjolan yang berisi cairan bening dan berwarna seperti jerami, timbulnya berkaitan dengan tumor indung telur dan terapi hormon.
  4. Kista granulos lutein terjadi dalam korpus luteum indung telur yang fungsional. Kista ini bisa membesar akibat penimbunan darah berlebihan saat fase perdarahan dari siklus menstruasi dan bukan akibat dari tumor. Kista ini timbul pada permulaan kehamilan dan diameternya bisa mencapai 5-6 cm yang menyebabkan rasa tidak nyaman di daerah panggul. Apabila pecah, terjadi pendarahan pada satu sisi rongga perut. Pada wanita yang tidak hamil, kista ini akan membuat menstruasi yang tidak teratur. Jika terjadi pada wanita hamil, biasanya akan hilang dengan sendirinya selama proses kehamilan.
  5. Kista abnormal/Kista endometriosis nasib banget ya gue, lahir abnormal(caesar) kena kista juga versi abnormal #eh. Kista ini berukuran besar, berisi gumpalan darah. Paling banyak kasusnya, tetapi tidak menyebabkan kematian. Meski ganas dan seringkali menimbulkan masalah karena menyebabkan rasa nyeri, perekatan, kemandulan, endometriosis terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal yang akibatnya terjadi pendarahan pada saat siklus menstruasi, maka pendarahan terjadi tidak di tempat yang semestinya.
  6. Kista dermoid Kista ini berisi jaringan-jaringan tubuh yang abnormal seperti rambut, gigi dan lemak. Kista ini biasanya ditemukan di kedua bagian indung telur, ukurannya kecil dan tidak menimbulkan gejala.


GEJALA?
Gejalanya, bisa dibaca tulisan saya yang sebelumnya, saya tidak merasakan gejala seperti orang nyeri haid, saya malah ngerasa maagh saya lagi kambuh. Sebab saat saya nyeri di bagian perut tidak dalam kondisi haid, jadi gak kepikiran kesana (red:kista). Tapi besok-besoknya haid juga sih, hehehe *jedotin pala ketembok*
Yaaah,, buat jaga-jaga, rajin-rajin saja periksain kondisi tubuhmu.


BAGAIMANA CARA MENUNTASKAN KISTA?
Gak semuanya mesti di operasi sih, mending konsul ke dokter masing-masing. Kan beda jenis kista beda juga penanganannya. Ada yang bisa diperkecil saja atau melalui pengangkatan. Kebetulan untuk jenis kista yang saya idap yaitu kista endometriosis, jadi kudu diangkat biar gak mengganggu fungsi fertilitas. Alhamdulillah dengan melakukan laparaskopi, perekatan bisa dilakukan dengan adhesioysis dan sarang-sarang endometriosis dilakukan kauters bipolar (semacam kayak disolder gitulah).

Operasi pun tidak bisa menjamin kista tidak akan muncul kembali yang sabar ya de. Untuk menuntaskan kista seharusnya dengan memperbaiki keseimbangan hormonal, walaupun sudah dioperasi jika keseimbangan hormonal tidak diperbaiki, tetap aka nada kecenderungan untuk kista muncul kembali. Semua masalah yang berhubungan dengan fungsi reproduksi, baik kesulitan punya anak, kista ovarium, myoma, tumor payudara, dan endometriosis semua itu terjadi karena adanya gangguan atau ketidakseimbangan hormonal.

Secara teoritis bahwa kista terjadi karena sel telur gagal pecah setelah masa evulasi, umumnya disebabkan produksi hormone estrogen yang berlebihan. Kelebihan estrogen menjadi berlebihan tersebut dipicu oleh lingkungan. Contoh kecilnya sering terpapar oleh kimia sintetis di sekitar kita, baik pestisida, bahan-bahan yang digunakan dalam plastic, hasil pembuangan proses industry dan juga obat-obatan seperti penggunaan obat kesuburan juga menjadi pemicu penyebab kista.

Endometriosis biasanya berkembang beberapa tahun setelah pertama kali menstruasi (menarche) . Tanda dan gejala endometriosis berakhir sementara dengan kehamilan (masa iya gue kudu hamil terus?) dan berakhir secara permanen dengan menopause , kecuali jika Anda mengkonsumsi estrogen sing sabar ya de.

Mengubah gaya hidup
Meski ada beberapa teraphy yang bisa dipilih untuk menangani kista, Sebagian besar penyakit kista terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, yang membuat sel-sel tubuh menjadi error. Solusinya adalah makan sehat, olah raga dan jangan stress. 

MAKANAN YANG DIANJURKAN:
Nih, buat yang mau ngajak gue makan, rada ribet sih sekarang yaaak... biasanya juga apa aja diembat. Sekarang gue harus membatasi. hokeh!
memperbanyak makan karbohidrat kompleks dan air,dengan jumlah protein sedang dan seminimal mungkin lemak. Pola makan semacam ini mampu menyeimbangkan kondisi hormonal dan tentu saja pada akhirnya akan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Berikut adalah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pasien kista :
Karbohidrat : Beras merah, oatmeal, jagung dan padi-padian, Protein : Kacang-kacangan, lentil, tahu, daging, dan ikan dalam porsi kecil, keju, telur Serat : Wholegrain, lentil, kacang-kacangan, buah dan sayuran segar. Air: Air putih dan jus 
Vitamin : Sayur-sayuran (bayam, brokoly, wortel, kentang, tauge. Buah-buahan seperti melon, apel, pear. Mineral : Makanan kaya mineral seperti umbi-umbian, yoghurt, kacang buncis.

MAKANAN YANG DIHINDARI:
Makanan yang digoreng, lemak yang dibakar, dan lemak yang terhidrogenasi, terlalu banyak protein hewani, semua bentuk gula, makanan dengan tambahan gula dan makanan yang di proses, makanan yang dimasak berlebihan, minuman ber-alkohol, minuman berkarbonasi dan hindari kopi.

Hindari stress!!
Saya sudah mencoba, dari dulu untuk tetap tampil segar ceria jumpalitan.
Kalian akan sangat cukup membantu saya menghindari stress, dengan tidak membuat saya sakit hati *cahilaaaah* bisa sakit hati juga de? ngaahahangak ding, canda :p
Gua gak stress kok, cuma rada gesrek. #eeh
Biar gua gak stress, cobalah kalian sering-sering gitu transfer #eh atau ngadoin gue kebon jangung sehektar..  *just kidding.
Saya minta tolong bantuan doanya, biar saya bahagia selalu dan bisa hidup bermanfaat yah..
Soalnya doa yang cepat terkabul adalah doanya orang yang ghaib untuk orang yang ghoib - HR Muslim.
Kepada siapa lagi coba saya minta tolong? kalo gak sama Allah, RasullNya, dan orang- orang yang beriman (semoga pembaca gue ini pada beriman dan budiman #eeh :p) selain sabar dan sholat sebagai penolong.


Gua yakin bahwa semua penyakit pasti ada obatnya, janji Allah SWT pun begitu.
Kewajiban gue cuma ikhtiar.

Sekian, semoga tulisan ini ada manfaatnya.
Buat gue maupun pemakanjalaners :")))
*ditulis dengan mengambil dari berbagai sumber

Share:

0 comments