Perjalanan : Pembuatan SKCK

Hai semua.
Para Pemakan dan Pejalan.

Sekarang Adir mau share dari perjalanan Adir, tentang cara bikin SKCK.
jangan bilang gak tau apa itu kepanjangan SKCK --"
SKCK itu adalah (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

mintanya ke siapa?
ya jelas ke Kepolisian cuuy..
kalo kamu mintanya ke si Boy.
Jadi Surat Keterangan Catatan si Boy dooong ah.

Sebelum kamu ke Polsek/Polres/Polda.
mending kamu nyiapin alat dan bahan sebagai berikut :
- Senyum, Salam, dan Sapa
- Pengantar dari Kepala Daerah/Desa
- FC KTP
- FC Kartu Keluarga
- Foto 4x6 4 Lembar
- Duit secukupnya
- Alat tulis

Jadiiiiiiii, langkah yang musti kamu lakukan adalah....

Janji dulu ya kalian, ambil baiknya buang buruknya. hahahah :p


Pertama, minta surat pengantar ke Pak RT.

Mula mula aku kudu ke rumah Pak RT.
untung rumah pak RT deket dari rumah. kalo mau kerumah pak RT baiknya malam. soalnya dia pagi-sore kan kerja cuuuy... dateng juga jangan pas maghrib, kali aja bapaknya mau yasinan dulu gtu sambil nunggu isya. nah abis isya tuh, maen dahlo ke rumah pak RT tapi jangan malem malem banget.
ketok ketok, Assalamualaikum, tanya kabar, terus jelasin keperluan kamu minta surat pengantar RT atas dasar apa. Kalo udah tulis data diri beserta keperluannya, dapet deh surat bertanda tangan dan cap RT.
oiya, pas dimari jangan lupa bawa ktp buat isi identitas diri.
jangan kayak gw, gak bawa apa apa. hahah kayak orang mau nodong ambil lembaran surat aja.
jadi gw disuruh isi sendiri deh. beliau hanya tanda tangan dan nyetempel.
hasilnya juga, gw minta tolong ke kaka gw buat nulisin :p
soalnya tulisan gw kekinian banget, takut gak match ama tulisannya pak RT. huahaha

kaka: ini statusnya di tulis apa?
adek: ya samain semua dong percis kayak KTP
kaka: udah kosongin aja
adek: yakalidah, udah tulis aja belum kawin
kaka: blm kawin aja yak disingkat
adek: sekalian aja kalo nyingkat "klbt kawin"
kaka: apaan tuh?
adek: kebelet kawin -____-

dan mendingan kalian nulis sendiri aja cuy..


Kedua, bawa surat pengantar dari Pak RT ke Pak RW.

Abis dari Pak RT, aku ke rumah Pak RW. gak langsung sih, pulang dulu gw.
biasanya di tingkat RW ini sama sama gak kenal, gw aja gak kenal apalagi Pak RW gw yekaaaan. gw mah cuma apa atuh remah remah cireng. alhasil gw memastikan nanya warung sebelah ini bener rumah Pak RW bukannya.
lalu,,
ketok ketok, Assalamualaikum juga.
ketokan kedua dibukain pintu. kalo sampe ketokan ketiga gak dibukain juga, mending lu pulang ajadeh, lanjut besok. gtu sih adab bertamu yg sedikit gw ketahui #cahilah..
trus, rada shock yang keluar semacam orang berkoloran dan bersinglet.
gw bilang ada Pak RW nya?
iya ada apa?
langsung deh gw jelasin keperluan gw dan kasih surat pengantar dari RT.
langsung diambil tuh surat dibawa kedalem.
gak lama keluar lagi ngasihin.

ternyata beliau adalah Pak RW saya ._. *jeng jeeeeeeng* *close up : kamera zoom in zoom out*
yaampun, untung aja Pak RW gw bukan tipe bapak bapak rese semisal dia bilang : "Pak RW nya kagak ada" trus membuat diriku bolak balik. gw juga lupa sih nanya ciri ciri Pak RW ke orang rumah. hahahah

Abis dikasih tanda tangan dan cap, jangan lupa bilang makasih, terus pulang.
Ya iyalah pulang masa mau numpang makan. bzzzzz...

Ketiga, pergi ke kantor Kelurahan.

Keesokan paginya, kita lanjut tuh ke kantor kelurahan. jangan lupa bawa fotocopy KTP dan surat pengantar. Nantinya surat pengantar dari kantor kelurahan, surat pengantar dari RT&RW sama fotokopi KTP kamu ditinggal.
Pas maen kekelurahan rada gimana gtu yaaa gueee.. kayak lagi dateng ke acara ulang tahun anak anak. dekorasinya gtu. hehehe
yakaaaan... selamat datang semoga panjang umurr.. ceria selalu yaaah qaqa :3
di kelurahan gak lama kok. paling kamu cuma nunggu kurang lebih sekitar 15menitan.
disini gw juga dijelasin bahwa disuru siapin photo dengan background warna merah, sama jangan lupa bawa KK (Kartu Keluarga), sempet nanya juga sih, kok pake KK. 
Katanya dari sananya yang minta. yaudeh deh akumah nurut aja apa kata orang tua...
akhirnya gw jadi balik kerumah deh, ngambil KK. untung rumah gw deket banget, di belakang kelurahan. tinggal kepleset juga nyampe :p #yakalidir
makasih ya pak udah dikasi informasi, coba kalo kagak.
Mamam tuuuh... aku potoin SOP pelayanan di kelurahan #gaknyanteee

Keempat, pergi ke Polsek/Polres/Polda.

Yaudah abis dari kelurahan - rumah, adir langsung aja ke Polsek cinere (karena domisili KTP di Cinere) #cihiyenaQcinere. Katanya abang abang yang dikelurahan di polsek cinere juga bisa. Jadi gak perlu jauh jauh ke Kota Depok.

Oiya, buat bikin SKCK, jangan lupa dibawa foto 4x6 nya sebanyak 5 lembar. Nah fotonya harus pas foto madep depan gitu, jangan miring. Kenapa? Karena.. uhmm ntar dikira lu miring. eeeh gak ding ^^v  *jedotin pala ke tembok*
dan Background nya kudu merah.
catet Meraaaaaaah.

Sama ini nih, jangan lupa bawa puuuuuuullllpeeeeen buat ngisi form. bodohnya gw kesini lupa bawa pulpen. Alhasil orang yang ada disana gw tanyai satu satu ada pulpen lagi enggaknya. Syukurlah #rejekiAnakSholeha ternyata ada orang yang bawa pulpen lebih. pas lagi asik nulis gtu ternyata bukan gw aja yang bodoh gak bawa pulpen, wkkkkkkk ada juga lelaki paruh baya trus minjem ke ibu petugasnya dan malah dapet seprotan, suruh nyari diluar. :v huahahahah (((ngakak maksimal))) #maafkanadirYaAllah

Gak lama dari itu, SKCK gw udah jadi  duluan ketimbang gw nulisnya. (hahaha). Jangan lupa langsung fotokopi maksimal 5 lembar buat dilegalisir. emang bisa dilegalisir ya
Kalo di Polsek gaperlu pake sidik jari sidik jari banget.

Ribet ya? Gak juga sih. 

Mahal? Gak juga kok. 

Yang mahal waktu buat ngurus ke sana ke mari. Hiks.. *gigit lengkoas*


Anggaran biaya yang keluar buat bikin SKCK adalah:
1. RT : gratis atau terserah kalo mau bawa jeruk (mumpung lagi musim)
2. RW :gratis atau terserah kalo mau bawa duren juga (kapan lagi ngabisin duit)
3. Kelurahan : disuruh bayar admin katanya 10rebuuu (gapake kwitansi tapinya)
4. Polsek : resminya Rp.10.000 biaya admin pembuatan SKCK.


Akhirnyaaaa....
Ke to the laaar (kelar) deh. Semoga infonya bermanfaat.. Seneng banget kalo bisa mencerahkan yang masih bingung step bikin SKCK gimana. SKCK biasanya juga termasuk persyaratan melamar kerja, beasiswa dll. Kalo cuma buat ngelamar kerja bikinnya di Polsek aja yes, lebih deket. Hemat Ongkos, Hemat Bensin cuuuy...

#selamatmelakukanperjalananhidup
#janganlupajalan
#janganlupamakan
#janganlupabahagia
#BHAY

Share:

7 comments

  1. hhh...mesti ada 'pungutan liar' oleh oknum-oknum berseragam itu....pengalamanku kemarin mbak, mentolo!tak sindir aja "Loh buk, saya ini kemarin nemenin sodara bikin skck di Surabaya nggak pernah ada biaya administrasi" dan si Ibuk" berseragam tidak menggubris sama sekali pura-pura ngobrol sama temannya disebelah -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah, itu ibu ibu udah bebel, masuk kuping kanan keluar kuping kiri.
      Bisikin aja pas udah kelar. "bu, inget mati ya.. Dosa jangan ditumpuk" *eeh

      Hapus
  2. Kalau di polsek Cinere, apakah bisa mengurus SKCK di hari Sabtu ? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mba, slow respon. lebih baik di hari kerja aja kak. saya juga kurang tau buka atau tidaknya.

      Hapus
  3. Kalau di polsek Cinere, apakah bisa mengurus SKCK di hari Sabtu ? Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Gak pake akte/ijasah bisa gitu tantee

    BalasHapus