Ngapain Ke Kota Tua Jakarta?

Hai semua.
Para Pemakan dan Pejalan.

Bosan selalu ke mall setiap akhir pekan? yuk, sini jalan jalan di dunia maya aja  muehehe :v
kali ini saya dan kawan saya, Rahma akan mengajak kalian ke Kota Tua.

 Ade dan Rahma
Gak ada niatan khusus sebenarnya, kita memiliki agenda masing masing untuk kemana dan ngapain di weekend ini (baca: duluuu).
Akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Kota Tua sekalian untuk mengunjungi sebuah event ArtVenture : "Bertualang ke Tahun 2045" dalam memperingati hari Anak Nasional. Kami berdua memang suka dengan yang berbau kegiatan anak anak begini. Kegiatannya banyak kalo penasaran buka saja link ini : klik disini


Adik- Adik sedang Melukis 
Pengunjung juga bisa ikutan berpartisipasi
Ceritain dong, sejarahnya Kota Tua?





Kota Tua Jakarta atau yang dikenal dengan nama Batavia Lama (Oud Batavia). Awalnya itu bernama Pelabuhan Sunda Kelapa, kemudian diserang dan berhasil direbut tentara Demak yang dipimpin oleh Fatahillah yang kemudian berganti nama menjadi Jayakarta pada tanggal 22 Juni 1527 (dijadikan sebagai hari Jadi Kota Jakarta). Kota Jayakarta hancur diserang VOC Belanda pada tahun 1916 yang dipimpin oleh Jan Pieterzoon Coen. diatas reruntuhan kota Jayakarta, Belanda membangun kota baru yang dilabeli nama Batavia Batavieren. Orang-orang pribumi Batavia dijuluki Batavianen (Orang Batavia) yang kemudian dikenal sebagai orang Betawi bukan betavvie vroh mueheheh. Setelah pendudukan Jepang pada tahun 1942, nama Batavia diganti menjadi "Jakarta".
Phyuuuuh~ berapa kali masak nasi kuning yaak. hehehe

Sempat menjadi pergulatan di batin saya sih, sebenernya Kota Tua ini, ada di Jakarta Utara apa Jakarta Barat. Ternyata Wilayah Kota Tua Jakarta ini membentang 1,3 KM memang melintasi Jakarta Utara - Jakarta Barat. Namun kali ini, kami gak shaaaanghup ngeriterin seluas itu, dan hanya berkesempatan bermain di Museum Sejarah Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Museum Fatahillah.

Ini bukan gambar Elsa pas lagi dikamar, diajakin maen salju sama Ana tapi gak berani keluar :v 
Plang Peringatan Pembangunan Museum Fatahillah yang dahulunya adalah Balai Kota

Ini bukan lagi di labirin yang asyik nan seru. tapi ini di depan penjara Pangeran Diponegoro  yang apabila saya masuk kedalam penjaranya harus menunduk. didalamnya terdapat bola batu segede bola bowling.  
Didalam bagunan ada pula penjara bawah tanah wanita. Penasaran bentuknya seperti apa saya mencoba masuk dan melihat sambil jongkok nyobain sebentar (memang pendek tempatnya) , gak tahaaaaaaan.. lembab, bikin merinding, bau anyir dan amis darah konon katanya memang kental dengan nuansa mistis, mulai dari suara-suara aneh,  hingga penampakan hantu sering terjadi di daerah ini. alamaaaaak... :" 

Sudah sudah, Situs bersejarah memang meninggalkan banyak cerita didalamnya. kali ini ceritanya kita beralih ke makanan ajaaaa yaa kawans..

Waktunya Kita Jajaaaaan....

1. Es Potong
Src : Google














Jajan pertama yang masuk keperut kami adalah es potong atau es pelajar si unyil, anak 90an banget kan yaaa 80an juga dah.. Biasanya ada rasa susu coklat, Stoberi, kacang ijo, ketan item, alpukat, ada rasa duren juga. harga dulu sama sekarang emang beda yaa..

dulu yaaa duluuu cuma serebu, dapet sepanjang ini, udah gtu gw suka request 2 rasa separo separo gtu dalam satu tusukan. rasa favorit kacang ijo sama alpukat.

2. Es Selendang Mayang

Reality Es Selendang Mayang
Ekspektasi Gw Es Selendang Mayang.
Src : Google
Mendengar kata Es Selendang Mayang memang bukan pertama kali, tapi nyatanya saya baru mengetahui kalo ini adalah yang sebenernya.
Ah yasudahlah, jadi selama ini yang sayaaa makan itu apaaaaaa(?) larilah saya ke mbah G lagi. Ternyata makanan yang saya maksut es selendang mayang adalah BUBUR LEMU jajanan tradisonal yang berasal dari Jawa Barat. Maklum, ini merupakan salah satu dilema anak pinggiran Jakarta-Jawa Barat (Baca: Depok)
Soalnya tipe-tipe penjualnya juga sama pikulan model gini :

Suguhan Penjual
Src : Google
















Sukak, banget deh sama sendoknya yang  buat ngambil gula merah ama santen, apalagi pas abang abangnya nyayat nyayat si yang katanya bubur lemu. trus makan pakek sendok cekung tapi bukan yang plastik.
Nginget jajanan begini, jadi kangen es cendol beras putih. model jualannya juga begini. duhdeeek..

3. Tahu Gejrot


Bumbu: Bawang merah, Bawang Putih, Cabe, Garem dikit, Gula merah secukupnya














Kalo jajanan yang satu ini khas Cirebon memang, termasuk jajanan favorit juga, tapi biasanya kalo beli abang abangnya pikulan, dengan ada penutup kain warna ijo trus ada tulisan "Tahu Gejrot"
Kenapa namanya tahu gejrot?
“Gejrot” adalah istilah ketika air mendapat sebuah tekanan. Sensasi gejrot dari tahu gejrot berasal dari irisan tahu yang kecil dengan tekstur isi cenderung kosong akan menyerap kuah yang memuncrat ketika digigit. Inilah sensasi gejrot saat makan tahu gejrot dengan pasangan kuahnya.

Tapi,,, yang saya temui ini dengan tampilan yang berbeda, berawal dari iseng yang berujung pegel. Kenapaaaa? karna tahu gejrot yang saya biasanya beli itu nguleknya gak halus halus, asal ulek aja trus tinggal kasih kuaaah, makannya juga di piring tanah liat pakek tusukan yang gigi 2 dengan  bentuk gambar jagung~
Tapi lain tempat lain cerita, gak tau apa emang begini tahu gejrot masakini apa emang saya yang dikerjain abang abangnya yak.. saya ngeliatnya malah kok kayak bumbu rujak :v mrepet ke halus (pas saya bilang udah ya pak, bapaknya bilang belom alus ini), cabe yang digunain juga cabe rawit merah (biasanya ijo) dan kebanyakan gula merah. hahahah
untuk hasil rasa menurut saya gak jauh beda, berkat kuah asam jawa dan bawang merahnya yang memang menjadi ciri khas tahu gejrot (mulut jadi bau bawang
Tauk deh saya lupa, bapaknya ngobrol apa aja
tinggal tambah kuah asam jawa















4. Rujak Bebek / Rujak Tumbuk


Rujak bebek, juga termasuk jajanan kesukaan. duh wanita mana coba yang gak doyan rujaaak~
Isi dari rujak bebek sendiri : Mangga Muda, Bengkoang, Ubi merah, pisang batu, kedodong, nanas, cabe, jambu, gula jawa, garem.
yang ini juga gak masyuuuk sensasinya. karna biasanya kalo makan beginian pakek daon pisang lebih syedaaap. udah susah juga kali yaaa nyari daun pisang dimana.






***mulai lelah bercerita***

Duh, jajan di sini gak ada abisnya yaaa,,, jadi kangen masa kecil dulu suka jajan ini itu tapi sekarang udah susah nyarinya. masih ada yang belum keturutan nih : es cendol beras putih, sekoteng, sama bajigur~
Kalo jajanan anak jaman sekarang mah gak jelas, gak jauh jauh dari aci, aci di giniinlah digituinlah.


Makanan mulu, Spot foto yang menarik dimana?
Setiap sudut menarik untuk di foto.
Misal: di Toko Merah, Jembatan Kota Intan, di Pelabuhan Sunda Kelapa dan masih banyak yang lainnya. Sayangnya,  kami (aku dan Rachma) tidak memiliki banyak waktu disini, kami harus melanjutkan kembali agenda kami yaitu untuk berkumpul bersama Ijo Royo Royo. yeaaah

Sekian cerita yang memanjang dan melebar dan berujung tak jelas kali ini.
Mohon maaf dan terimakasih.

Share:

1 comments