Memberikan Nama pada Anak

Halooo pemakanjalaners..
Lama nggak bercerita-cerita kita :D
Dan ini tulisan pertama saya :') dibulan Februari.. hiks..
G-U-E-L-E-B-A-Y!


Di timeline, agak banyak yaaa.. photo-photo dedek bayi seliweran.
Jadi semakin sadar, kalo sekarang itu selain masa-masanya angkatan gue kondangan ternyata sudah mau memasuki wilayah waktu bagian mamah-mamah muda.
ahyasudahlah~ #harapbersabariniujian



Daaaan.... nama anak sekarang kece-kece. Udah gak ada lagi kayaknya ((ade sotoy)) ada anak yang dinamain tukiyem dan lain sebagainya..
***semoga gak ada yang tersinggung dengan tulisan ini. sungguh ini hanya tulisan anak kemaren sore belaka :"

Sebenernya, pemberian nama itu penting lhoo.. dan itu juga merupakan salah satu hak anak. yaitu diberikan nama yang baik. Pada hakikatnya nama merupakan identitas diri si penyandang nama, karena jika ia didapati tanpa nama berarti tidak memiliki identitas, yang dengan begitu ia tidak bisa dikenali doooongsss..

X: hi sob,, kenalin nama saya Alex
Y: halo Alex, kenalin saya tanpa nama #eeh
X: #%&^&&**  (((garing)))



Nama adalah lafaz dimana seseorang dipanggil dengannya. Islam memberikan perhatian sangat besar terhadap masalah ini. Hingga kelak di hari kiamat, manusia akan dipanggil dengan nama yang mereka semasa didunia.

"Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan namabapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian." (HR. Abu Daud)

Hal yang sangat penting dalam memberikan nama yang baik bagi anak adalah menghindari kedengkian si anak tersebut hingga beranjak dewasa. Dengki mungkin sih enggak ya,,, hanya pergulatan bathin  banyaaaak :'D
misalnya kayak nama saya, Ade saat beranjak gede dipanggil Ade sama temen sebaya rasanya oke oce aja~ #eeeeh tapi kalo dipanggil sama usia yang dibawah kita, rada gimana dengernya, tapi gpp sih, saya suka nama saya :p bahkan yang gak namanya Ade pengen dipanggil Ade thoo... ya thoooo.. haha
misalnya lagi  namanya Arsen, mungkin karena bapaknya seneng arsenal kali yaak.. nah,kalo anaknya udah gede dan dia sukanya dengan MU atau club lainnya gimanee..

Sesungguhnya Allah SWT itu menyukai keindahan. Diantara keindahan ialah memberi nama yang baik bagi anak. Islam adalah agama kemudahan. Untuk itu, Islam menginginkan keindahan meskipun menyangkut pemberian nama. Islam tidak menyukai kesulitan dan kekerasan meskipun juga menyangkt pemberian nama.

Adapun untuk memberi nama anak, sebaiknya diambil dari nama-nama orang saleh, baik dari kalangan nabi, rasul, ataupun orang-orang saleh lainnya.. yaaa maksudnya sih biar mendekatkan diri kepada Allah SWT :D

Rasulullah SAW memberikan anjuran untuk memakai nama seperti 'Abdullah dan 'Abdurrahman.
Dari Ibnu 'Umar ia berkata, telah bersabda Rasulullah SAW. "Sesungguhnya nama yang paling dicintai oleh Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman." (HR. Muslim dan Abu Daud)

Dikalangan sahabat Nabi SAW. terdapat sekitar 300 orang yang bernama Abdullah. Nama yang menunjukkan penghambaan diri terhadap salah satu nama-nama Allah, seperti Abdul Azizi, Abdul Malik, Abdurrahiim, dan lainnya.

Sedangkan nama-nama yang dimakruhkan untuk diberikan kepada seorang anak seperti:
a. Nama yang mengandung arti keberkahan atau menimbulkan rasa optimis. Karena agar tidak menimbulkan keganjalan di hati ketika mereka dipanggil, sementarayang bersangkutan sedang tidak ada di tempat, sehingga akan dijawab, "Tidakada." Misalnya nama : Aflah (beruntung), Nafi (bermanfaat), Rabah (keberuntungan), Yasar(Kemudahan), dan lain-lain. Hal ini sebagaimana tercantum dalam sebuah  hadis sahih:

Dari samurah bin Jundub ia berkata, telah bersabda Rasulullah SAW., "Perkataan yang paling dicintai Allah ada 4: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illalaah, dan Allahu akbar. Tidak masalah yang mana diantara kalimat itu akan engkau mulai. Dan janganlah engkau namai anakmu dengan Yasar, Rabah, Najih, dan Aflah. Sebab engkau nanti akan bertanya: 'Apakah ia ada di tempat?' Jika ternyata tidak ada, maka akan dijawab:'Tidak ada'." (HR. Muslim)

b. Di makhruhkan memberikan nama yang berhubungan dengan hawa nafsu
c. Nama yang mengandung kesan jelek, baik dalam lafaz maupun makna
d. Nama orang-orang fasiq, kafir, dan orangjahat.
e. Nama yang menunjukkan dosa danmaksiat
f. Nama orang-orang yang zalim/sewenang-wenang dan diktator. Misalnya : Firaun, Qarun, Haman, Abrahah, dll.



**** Kritik & saran siap ditampung :)

Share:

3 comments

  1. Mbak, berarti pas aku panggil kamu mbak Ade, kamu rasanya nano nano ya mbak? :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gajuga :V
      aslinya lebih nano nano karena dipanggil "Mbak"
      berasanya kayak mbak mbak tukang sayur ueg... #eh

      Hapus