Memanah, Hiburan yang Mengantarkan ke Jannah

Hi, Pemakanjalaners!

Dahulu, memanah mungkin olahraga yang termasuk kalah pamor di Indonesia dibandingkan olahraga lain seperti sepak bola, badminton,  renang atau lari. Sekarang memanah sudah menjadi tren yang tak terlepas dari kemunculan berbagai film yang menampilkan tokoh-tokoh yang jago memanah. Dari The Lord of The Rings lewat tokoh Legolas, The Hunger Games dengan tokohnya Katniss Everdeen, Brave hingga yang terbaru 2016 lalu adalah film 3 Srikandi.

Perlu kita ketahui, memanah adalah salah satu olahraga maupun hiburan yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Bermain panahan sangat menyenangkan dan mengasyikkan, namun tidak dianggap laghwun (meninggalkan hal yang gak berguna) dan sia-sia. Banyak sekali motivasi Nabi SAW kepada umatnya untuk belajar memanah.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ اللَّهْوُ إِلَّا فِي ثَلَاثَةٍ

تَأْدِيبِ الرَّجُلِ فَرَسَهُ وَمُلَاعَبَتِهِ امْرَأَتَهُ وَرَمْيِهِ بِقَوْسِهِ وَنَبْلِهِ وَمَنْ

تَرَكَ الرَّمْيَ بَعْدَ مَا عَلِمَهُ رَغْبَةً عَنْهُ فَإِنَّهَا نِعْمَةٌ كَفَرَهَا أَوْ قَالَ كَفَرَ بِهَا

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada hiburan kecuali dalam tiga hal; seorang laki-laki yang melatih kudanya, candaan seseorang terhadap isterinya, dan lemparan anak panahnya. Dan barangsiapa yang tidak memanah setelah ia mengetahui ilmunya karena tidak menyenanginya, maka sesungguhnya hal itu adalah kenikmatan yang ia kufuri.” (NASAI – 3522)


فِي صَنْعَتِهِ الْخَيْرَ وَالَّذِي يُجَهِّزُ بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

وَالَّذِي يَرْمِي بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَقَالَ ارْمُوا وَارْكَبُوا

وَإِنْ تَرْمُوا خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَرْكَبُوا

Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (AHMAD – 16699)

Nah, Pemakanjalaners, setelah tahu anjuran Rasulullah untuk berlatih memanah, semoga kita termotivasi untuk bisa memanah ya. Biar motivasinya makin kuat, berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga memanah yang harus kamu ketahui!

1. Meningkatkan keseimbangan dan melatih koordinasi

Memanah sangat menitik-beratkan keseimbangan tubuh, buat yang punya masalah dengan keseimbangan dan kensinkronan, bisa dicobain deh memanah. Karena olahraga memanah melatih koordinasi kekuatan otot dan otak. Saat melepaskan anak panah juga melatih kita untuk bisa mengontrol/mengkoordinasi tubuh dengan baik.

2. Melatih fokus

Supaya bisa memanah pada target, tubuh harus dalam posisi terbaik. Dengan memanah, otak dilatih untuk fokus mencapai target. Semakin lama bagian otak ini dilatih, makin bikin kita lebih mudah untuk berkonsentrasi.

3. Melatih kesabaran

Nggak cuma mancing nungguin ikan atau malah nungguin abang G*-FOOD yang bisa melatih kesabaran kita, pemakanjalaners. Memanah pun juga bisa melatih kesabaran, karena kita nggak bisa asal cepat meraih target, tetapi yang lebih penting adalah mencapai target dengan presisi. Diperlukan ketenangan dan kestabilan emosi.

4. Menghilangkan stres

Saat melepaskan anak panah, melihat anak panah tersebut melayang, bisa menjadi penghilang stres tersendiri loh, pemakanjalaners.. Baik kena target maupun tidak kalo kita bersyukur~ pokoknya kalo kena target jangan sombong, karena itu juga atas izin Allah.

Individu yang tidak tenang, gopoh, pemarah, kurang sabar atau kurang sehat mental jasmani maupun rohani tidak akan menjadi pemanah yang baik.

duplikatannya Chelsea Islan lagi main panahan :v 
Muslimah memanah?
Kenapa tidak...
Kita sebagai wanita, dimana-mana biasanya selalu menjadi korban dan sasaran selain anak-anak..
Karena kita selalu dianggap sebagai orang yang lemah, ketika diserang, disakiti, dan diancam. Kita harus berjihad, mampu membela diri.

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk memiliki skill yang dapat digunakan untuk melawan musuh. Bermain itu perkara mubah, namun hendaknya memilih permainan yang bermanfaat dalam pandangan syar’i.

Diriwayatkan dari Uqbah bin amir Radhiyallahu ‘Anhu berkata: aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda di atas mimbar:

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ أَلاَ إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْىُ أَلاَ إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْىُ أَلاَ إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْىُ

Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah.” (HR. Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ahmad dan lainnya)

Untuk para muslim dan muslimah yang ingin belajar memanah, kini sudah banyak bermunculan komunitas atau klub panah yang bisa memfasilitasi bro&sist fillah untuk menekuni olahraga ini. Diantaranya ada :

Joss Archery
Tempat : Taman Dadap Merah, Kebagusan Pasar Minggu, Jaksel.
Waktu : Setiap Ahad pekan ke-2 dan ke-4
Ikhwan : 07.00 - 09.00 WIB
Akhwat : 09.00 -11.00 WIB
GRATIS!! Alat disediakan.
IG: @jossArcheryAkhwat / @JossArchery_Official

Yuk, berlatih memanah! Semoga bermanfaat.



"Jika Perang Dunia Ketiga adalah berjuang dengan senjata nuklir, yang keempat akan diperjuangkan dengan busur dan anak panah." - Louis Lord Mountbatten

Share:

0 comments